Kamis, 26 November 2009

seleksi dan wawancara...hmm.gimana ya???

pengen kerja enak? pengen jadi karayawan yang mapan? wahhhh....impian banget....
tapi, untuk jadi karyawan perlu dilalui beberapa tahap...

1. seleksi
pertama-tama apabila kita sebagai tim penyeleksi kita wajib memiliki profil sukses kandidat untuk setiap jabatan yang ditawarkan.profil sukses ini didasarkan pada 4 elemen, yaitu:
a. What I know (knowledge)
b. what I can do (competency)
c. what I have done (experience)
d. dan personal traits (personality)
Profil sukses ini dapat disetarakan dengan requirement dengan perusahaan sehingga dapat menjadi pembanding dengan kapabilitas dari kandidat.
selection tools yang kerap digunakan organisasi karena kualitasnya adalah behaviour interview, assessment, knowledge test dan motivational fit inventories.
Proses assessment merupakan evaluasi terhadap perilaku seseorang yang diperlukan dalam jabatan tertentu. Knowledge test merupakan test pengetahuan yang tentunya berkaitan dengan jabatan yang diperlukan. Motivational fit inventories merupakan suatu alat ukur yang dapat mendefiniskan motivasi seseorang tentang jenis pekerjaan yang diharapkan.

2. wawancara
biasanya tekhnik wawancara yang sering digunakan adalah dengan mendudukkan kandidat dan menyodorinya sejumlah pertanyaan masih menjadi andalan. tapi untuk sekarang metode tersebut kurang efektif. Menurut pakar marketing Kanada Seth Godin, yang juga penulis buku laris Meatball Sundae: Is Your Marketing Out of Sync? Menurut dia, para pencari kerja zaman sekarang menginginkan proses yang keluar dari pakem selama ini ketika mereka melamar pekerjaan. katanya : "Jika Anda menggunakan proses wawancara yang standar, orang yang Anda hire secara otomatis akan terdefinisikan bagus dalam kriteria yang standar pula"
Dengan kata lain Seth mengingatkan, orang yang berhasil membuktikan diri bagus dalam wawancara, belum tentu bagus juga dalam menjalankan pekerjaannya kelak. Keterampilan menjawab pertanyaan sering tidak berkaitan dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan.
Salah satu yang mulai banyak dilakukan adalah speed interviewing contohnya sepertimengumpulkan lima atau enam kandidat sekaligus dalam satu ruangan dan mewawancarai mereka bersama-sama untuk melihat siapa yang terbaik.

nah...tuh adalah sebagian proses yang harus dilalui sebelum kita bekerja..huff, cukup panjang sih, tapi tetap semangatttttt.....

0 komentar:

Posting Komentar