Selasa, 04 Januari 2011

B A B II M E T O D O L O G I P E N E L I T I A N

2.1 Objek Penelitian
Yang menjadi objek penelitian dalam penulisan ini adalah produk Speedy, dimana produk ini adalah salah satu produk dari PT. Telkom Indonesia, Tbk yang adalah brand dari layanan akses internet end-to-end untuk penggunaan di residensial atau bisnis kecil dan menengah yang berbasis akses kabel tembaga yang menggunakan teknologiAsymmetric Digital Subscriber Line (ADSL).
2.2 Metode Pengambilan Data
Metode pengambilan data yang dipergunakan pada penulisan ini adalah observasi langsung di lapangan pada kegiatan penjualan produk Speedy, wawancara dengan maksud untuk mengumpulkan informasi dari pihak-pihak yang bersangkutan, dan kuesioner dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap penjualan produk Speedy tersebut.
2.3 Variabel Penelitian
Dalam penelitian ini , menggunakan data penjualan produk Speedy setiap bulannya pada PT Telkom Indonesia Tbk, Divisi Consumer Service Area Pasar Rebo selama 12 bulan yaitu dari bulan Januari 2009 sampai dengan bulan Desember 2009. Dimana :
Variabel dependent (Y) = tingkat penjualan produk Speedy
Variabel Independent (X) = pelayanan perusahaan, tingkat pemakaian produk tersebut
2.4 Model Penelitian
• Alat analisis
Alat analisis yang dipergunakan adalah metode peramalan kuantitatif yaitu Moving Average(MA), Weight Moving Average (WMA), dan Exponential Smoothing(ES) dan Mean Absolute Devisiasion (MAD). Rumus yang digunakan adalah :
* Moving Average (MA)
(MA) = jumlah penjualan pada n periode terakhir
jumlah periode (n) yang digunakan dalam MA
* Weighted Moving Average (WMA)
adalah suatu metode peramalan yang cara perhitungannya hampir sama dengan metode MA, hanya perbedaannya ada pada penambahan bobot pada setiap data.
WMA = ( A x n ) + ( B x n-1) + ( C x n-2 ) + …
* Exponential Smoothing (ES)
adalah suatu tipe teknik peramalan rata-rata bergerak yang melakukan penimbangan terhadap data masa lalu dengan cara eksponensial sehingga data paling akhir mempunyai bobot atau timbangan lebih besar dalam rata-rata bergerak.
ES = Ft = Ft-1 + α ( At-1 – Ft-1)
* Mean Absolute Devisiasion (MAD)
adalah suatu ukuran kesalahan peramalan yang umum untuk digunakan. Secara sederhana ukuran ini merupakan selisih antara permintaan nyata dan ramalan dengan tingkat rata-rata kesalahan selama meramalkan.
MAD = jumlah kesalahan / n

0 komentar:

Posting Komentar