Jumat, 26 November 2010

BAB I Metode Riset

BAB I
P E N D A H U L U A N

1.1 Latar Belakang Masalah

Salah satu tujuan utama dari sebuah perusahaan adalah untuk memperoleh keuntungan yang akan diperoleh dari penjualan barang atau jasa dengan harga yang lebih tinggi dari harga pokoknya. Keuntungan yang didapat secara langsung dapat mempengaruhi kinerja perusahaan, baik itu dalam pelayanannya maupun produksi produk yang dihasilkan. Pasar dalam hal ini konsumen sangat peka tentang keadaan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut dan akhirnya dapat mempengaruhi penjualan perusahaan.
Penjualan yang dilakukan tidak selalu naik, turun, atau tetap, tetapi penjualan mengalami perubahan dari tiap periode baik itu signifikan maupun tidak.Hal ini diakibatkan beberapa faktor antara lain kebudayaan masyrakat dalam melakukan pembelian atau jasa, penghasilan suatu individu, keadaan dari pribadi atau masyarakat. Penjualan yang dilakukan juga tidak sembarang. Perusahaan memperhatikan apa yang diinginkan oleh pasar, misalnya barang apa yang akan dijual, atau jasa apa yang akan ditawarkan. Setelah memperhatikan hal tersebut masalah selanjutnya yang dipikirkan adalah biaya produksi yang akan dikeluarkan agar barang dan jasa tersebut dapat terjual, dan berapa jumlah produk dan jasa yang harus diproduksi agar perusahaan memperoleh keuntungan yang optimal dengan mempertimbangkan harga pasar yang dapat dijangkau oleh pembeli atau konsumen.
Jumlah barang atau jasa yang diproduksi tidak tetap tetapi mengikuti keinginan pasar. Barang atau jasa yang terjual pun tidak selalu banyak atau sedikit. Perusahaan pun harus mengira-ngira kapan barang atau jasa yang diproduksi dengan jumlah banyak atau sedikit. Oleh karena itu, permalan harus dilakukan oleh prusahaan agar dapat menentukan jumlah penjualan yang optimal. Langkah yang paling penting dalam permalan (forecasting) adalah menverifikasi peramalan sedemikian rupa sehingga dapat mencerminkan penjualan yang akan dicapai di masa mendatang. Dalam hal ini, khususnya akan dibahas tentang Analisis Peramalan Penjualan Produk Speedy pada Divisi Consumer Service Area Pasar Rebo PT. Telkom Indonesia.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka rumusan masalah yang dapat diambil adalah :
1. Bagaimanakah peramalan penjualan produk Speedy pada periode selanjutnya?
2. Metode peramalan apakah yang dapat digunakan untuk meramalkan penjualan produk speedy?

1.3 Batasan Masalah
Penelitian yang dilakukan pada penjualan Produk Speedy area Ps. Rebo dilakukan untuk meramalkan penjualan dari bulan Januari – Desember 2010 dimana data-datanya diperoleh dari bulan Januari – Desember 2009 di PT. Telkom Divisi Consumer Service Area Pasar Rebo.

1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan Penelitian yang menjadi dasar penulisan adalah untuk :
1. Mengetahui besarnya nilai peramalan penjualan produk Speedy yang akan dicapai perusahaan pada periode yang akan datang
2. Mengetahui metode peramalan yang tepat untuk meramalkan penjualan produk speedy

1.5 Manfaat Penelitian
1. Mengetahui bagaimana cara meramalkan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan serta metode peramalan apa yang dipergunakan
2. Setelah peramalan ini dilakukan, dapat memberikan solusi dan pertimbangan untuk perusahaan dalam melakukan penjualan di periode berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar