• Tema : Analisis peramalan dalam Penjualan
• Judul : Analisis Forecasting dalam penjualan tiket pesawat pada PT Sky Travel
• Pengarang ; Solichin Anwar
• Tahun : 2008
• Latar Belakang :
Dengan maju dan berkembangnya teknologi, banyak para penumpang yang beralih dari transportasi darat ke udara karena lebih efisien dari segi waktu. Banyaknya permintaan akan transportasi udara maka juga semakin banyak perusahaan yang menjual jasa tiket pesawat terbang. Hari-hari besar sering kali menjadi masa dimana para pengusaha bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat dibandingkan hari biasa. Tentu fungsi promosi sangat diperlukan. Dalam perusahaan dibutuhkan forecasting penjualan produk dan jasa diwaktu yang akan datang dan bagian-bagiannya sangat penting dalam perencanaan dan pengawasan di sebuah perusahaan. Suksesnya perusahaan tergantung bagaimana cara perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat berlomba merebut konsumen pada penerapan strategi yang efektif dalam ekspansi pasar.
• Masalah :
Berapa besar penjualan yang diramalkan perusahaan untuk bulan Juni 2008
• Tujuan Penelitian :
Untuk mengetahui penjualan yang telah berjalan dan dilakukan oleh PT Sky Travel dan berapa penjualan yang telah menggunakan metode forecasting
• Metodologi :
- Objek penelitian
PT Sky Travel
- Data/ Variabel
a.Data Primer
b.Data Sekunder
- Metode Pengumpulan Data
a. Studi Lapangan (field research)
1.Melalui interview
2.Melalui dokumentasi
b. Penelitian kepustakaan (library research)
- Alat Analisis
Forecasting dengan menggunakan metode peramalan Moving Average (MA), Weight Moving Average(WMA), dan Exponential Smoothing(ES)
- Model Penelitian
a. Gambar = table penjualan, table peramalan penjualan tiap metode, grafik data penjualan tiap metode
b. Matematis = rumus metode MA, WMA, dan ES
• Hasil dan Kesimpulan :
- Dengan metode MA diketahui ramalan tingkat penjualan untuk bulan Juni 2008 yaitu Rp.210.778.750 dengan MAD Rp.45.572.875 dengan kisaran Rp.165.205.875 ≤ x ≤ Rp.256.351.625
- Dengan metode WMA diketahui ramaln tingkat penjualan bulan Juni 2008 yaitu Rp.217.643.200 dengan MAD Rp.43.669.300 dengan kisaran Rp.173.973.900 ≤ x ≤ Rp.261.312.500
- Dengan metode ES diketahui ramalan tingkat penjualan untuk bulan Juni 2008 yaitu Rp.197.474.186 dengan MAD Rp.53.289.259 dengan kisaran Rp.144.184.926 ≤ x ≤ Rp.250.763.459
- Metode WMA adalah yang paling tepat untuk digunakan karena memiliki tingkat error yang paling rendah, dan sifatnya stabil mendekati kenyataan.
• Saran :
- Antisipasi perubahan keadaan bisnis, mengingat bahwa hari-hari besar atau bulan-bulan tertentu sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan maka diperlukan karyawan yang lebih banyak untk melayani konsumen
- Antisipasi moment-moment hari raya, sebaiknya dalam perencanaan penjualan dilakukan dengan baik dan benar supaya mengurangi tingkat kesalahan, mislnya kuota tiket yang dijual diperbanyak dalam bulan tertentu misalnya bulan Ramadhan atau Tahun Ajaran Baru
- Meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki PT Sky Travel agar mampu bersaing dengan badan usaha yang sejenis lainnya
Senin, 01 November 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar