Senin, 01 November 2010

Review 1

• Tema : Analisis peramalan dalam Penjualan
• Judul : Peramalan penjualan karcis kereta api di Stasiun Kemayoran tahun 2007
• Pengarang ; Wahyu Subarkah
• Tahun : 2008
• Latar Belakang :
Transportasi merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Apa jadinya apabila tidak ada transportasi, maka seluruh aktifitas yang kita lakukan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, sehingga mampu menguras waktu. Salah satu jenis transportasi yaitu transportasi darat. Dalam transportasi darat, kereta api adalah salah satu alat transportasi yang dinilai lebih aman, murah, dan cepat. Kecenderungan orang berpergian jarak jauh maupun dekat bertambah, hal ini dapat dinilai dengan penambahan jumlah gerbong maupun frekuensi pemberangkatan jumlah penumpang yang selalu penuh
• Masalah :
- Seberapa besar jumlah pengeluaran karcis dalam proses uji coba yang dilakukan penulis
- Forecasting penjualan karcis pada jenis kereta api listrik di Stasiun Kemayoran pada tahun 2007
• Tujuan Penelitian :
- Mengetahui forecasting penjualan karcis KA KRL pada PT KAI dengan menggunakan metode index musim dan metode least square di Stasiun Kemayoran
- Untuk memperoleh pengetahuan praktis menenai proses peramalan dalam metode index musiman dan metode least square
• Metodologi :
A.Analisis Data
Dari penjualan karcis KA KRL tahun 2006 bulan Januari-Maret di stasiun Kemayoran
Metode = 1. Metode Index Musim
2. Metode Least Square
B.Cara pengambilan data
1. Observasi
2. Wawancara
3. Penelitian Kepustakaan (Library Research)
C. Model Penelitian
- Matematis: a. dengan rumus index musim
b. Dengan rumus metode least square
- Gambar : a. table perkembangan penjualan karcis
b. table proyeksi index musim bulanan
c. table ramalan penjualan
d. grafik ramalan penjualan
• Hasil dan Kesimpulan :
- Realisasi penjualan karcis KA di stasiun Kemayoran terdapat fluktuasi penjualan dari minggu I sebesar 380383, minngu II sebesar 400941, minggu III sebesar 395621, minggu ke IV sebesar 448802 ditahun 2006. Dilihat dari hasil penjualan karcis tersebut maka minggu IV orang-orang cenderung pergi berlibur untuk berakhir pecan dibandingkan dalam minggu I, II, dan III
- Dengan menggunakan metode index musim dan metode least square, peramalan penjualan karcis pada tahun 2007 menghasilkan nilai yang lebih kecil dibandingkan penjualan karcis di tahun 2006. Hal ini dikarenakan tidak adanya kesadaran para penumpang dalam membeli karcis.
• Saran :
- Harus adanya kedisiplinan para penumpang dalam hal membeli karcis agar dapat meningkatkan pendapatan penjualan karcis di Stasiun Kemayoran
- Memperbaiki sarana dan prasarana di Stasiun Kemayoran agara dapat memberikan rasa nyaman bagi para penumpang di stasiun Kemayoran.

0 komentar:

Posting Komentar